Sistem Koordinat Grafika Komputer

Naufal Ardiafara
17.3A.01

Ada  dua macam sistem koordinat :
  • Cartesian
  • Polar
Sistem Koordinat Polar menggunakan sudut terhadap garis horison (α) dan jarak dari titik pusat (R) untuk menunjukkan lokasi sebuah benda 

Sistem Koordinat Cartesian menggunakan pasangan (x,y) untuk menyatakan lokasi sebuah benda di bidang (2D) dan pasangan (x,y,z) untuk lokasi di ruang (3D).


Sistem Koordinat juga dapat dibagi menjadi dua macam bergantung kepada situasi : 
  • World Coordinate (wc) 
Sistem Koordinate untuk menyatakan lokasi benda di “dunia”.
  • Screen Coordinate (sc) 
Sistem Koordinat untuk menyatakan lokasi titik di layar.

World Coordinate mempunyai batas -~ sampai dengan +~ untuk sumbu x dan y. Apabila area yang dilihat pada world coordinat dibatasi pada area tertentu maka area tersebut dinamakan window. 


Screen Coordinat

Screen Coordinate menggunakan orientasi sumbu y yang berbeda dengan World Coordinate. Screen Coordinate hanya menggunakan nilai positif untuk sumbu x dan y dan titik (0,0) terletak di pojok kiri atas. Batas maksimal pada sumbu x = Xmax dan batas maksimal pada sumbu y = Ymax.


Perbedaan orientasi tersebut menyebabkan gambar di World menjadi tampak terbalik di screen. Area yang digunakan untuk menampilkan gambar di layar disebut sebagai viewport.


Transformasi wc - sc

Agar gambar di screen tampak sama dengan di world maka perlu dilakukan transformasi koordinat.

Dengan demikian setiap titik di wc dapat diketahui lokasinya di sc sebagai : 
xsc = xwc 
ysc = ymax – ywc

Rumus (1) tidak dapat mengatasi persoalan : 
  • Pemakaian window dan viewport. 
  • Nilai negatif dari koordinat wc.

Sekian resume dari saya semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada kekurangan. Untuk lebih jelasnya mengenai sistem koordinat silahkan lihat video youtube dilink bawah ini :


Terimakasih
Assalamualikum Wr.Wb.




Komentar

Postingan populer dari blog ini