TUGAS GRAFIKA KOMPUTER PT-3


Teknologi Display
 Ada dua cara menampilkan gambar : – Vector Display – Raster Display • Vector Display : gambar ditampilkan sebagai kumpulan segmen garis (vector) • Raster Display : gambar ditampilkan sebagai kumpulan titik (pixel) • Kuliah Grafika Komputer tidak membahas tampilan dengan vector display tetapi hanya tampilan dengan Raster Display.

Pengertian Grafika Komputer

Grafika Komputer adalah teknik-teknik dalam ilmu komputer dan matematika untuk merepresentasikan dan memanipulasi data gambar menggunakan komputer. Dengan bahasa lain, istilah grafika komputer juga dapat diartikan segala sesuatu selain teks atau suara.


TUGAS RESUME PERTEMUAN 2
      TENTANG TEKNOLOGI DISPLAY



Teknologi Display
 Ada dua cara menampilkan gambar : – Vector Display – Raster Display • Vector Display : gambar ditampilkan sebagai kumpulan segmen garis (vector) • Raster Display : gambar ditampilkan sebagai kumpulan titik (pixel) • Kuliah Grafika Komputer tidak membahas tampilan dengan vector display tetapi hanya tampilan dengan Raster Display.


Raster Display
 Raster Display menggunakan peralatan seperti : – Cathode Ray Tube (CRT) / Tabung sinar katoda Tabung vakum yang berisi sumber elektron yang digunakan untuk melihat gambar untuk mempercepat dan membelokkan berkas elektron ke layar neon untuk menciptakan gambar. Gambar dapat mewakili bentuk gelombang listrik (osiloskop), gambar (televisi, monitor komputer), radar target dan lain-lain – Plasma Display Sebuah layar plasma adalah video tampilan komputer dimana setiap piksel pada layar diterangi oleh sedikit kecil plasma atau gas yang dibebankan, agak seperti lampu neon kecil. Plasma menampilkan lebih tipis dari tabung sinar katoda (CRT) menampilkan dan lebih terang dari liquid crystal display (LCD). - Liquid Cristal Display (LCD) Suatu jenis display yang menggunakan Liquid Crystal sebagai media refl eksinya. LCD sudah digunakan di berbagai bidang, sebagai contoh: monitor,TV, kalkulator. Pada LCD berwarna semacam monitor terdapat puluhan ribu pixel. Pixel adalah satuan terkecil di dalam suatu LCD. Pixelpixel yang berjumlah puluhan ribu inilah yang membentuk suatu gambar dengan bantuan perangkat controller, yang terdapat di dalam suatu monitor. • Prinsip kerja : menyalakan / mematikan satu titik di penampil.


Pengertian Grafika Komputer

Grafika Komputer adalah teknik-teknik dalam ilmu komputer dan matematika untuk merepresentasikan dan memanipulasi data gambar menggunakan komputer. Dengan bahasa lain, istilah grafika komputer juga dapat diartikan segala sesuatu selain teks atau suara.

Seiring dengan perkembangan teknologi, gambar-gambar yang dihasilkan dan ditampilkan pada komputer menjadi bagian kehidupan sehari-hari yang dapat ditemui misalnya pada televisi, koran dan majalah yang fungsinya untuk menampilkan hasil yang lebih komunikatif dan realistis.


Selain itu juga grafika komputer ditemukan pada bidang- bidang kedokteran, geologi dan tak terkecuali dalam bidang pendidikan untuk pengajaran dan penulisan karya-karya ilmiah. Salah satu aplikasi yang nyata dari grafika komputer adalah untuk visualisasi data dalam bentuk grafis 2D atau 3D dilengkapi dengan animasi. Walaupun bentuk grafis 3D lebih realistis, namun bentuk 2D masih banyak dipergunakan.

Grafika komputer muncul sebagai bagian ilmu komputer yang mempelajari metode-metode sintesa dan manipulasi konten visual secara dijital. Visualisasi informasi dan sains telah menjadi fokus penelitian terutama yang berkaitan dengan fenomena-fenomena 3D dalam bidang arsitektur, meterorologi, kedokteran, biologi dan sebagainya.

Penekanan diberikan dalam rangka menjawab pertanyaan bagaimana menghasilkan gambar benda yang realistis sesuai dengan kondisi dan situasi yang terjadi.


Sejarah Grafika Komputer

Seperti bidang ilmu lain, sejarah grafika komputer sangat bervariatif tergantung darimana kita melihat sudut pandangnya. Namun beberapa nama menjadi pionir dalam pengembangan grafika komputer yaitu:

  1. William Fetter. Mempopulerkan istilah computer graphics pada tahun 1960. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan metode perancangan pesawat baru yang dikembangkan di tempat ia bekerja yaitu Boeing. Citra, yang direproduksi menggunakan plotter, menggambarkan rancangan kokpit menggunakan model 3D tubuh manusia.
  2. Ivan Sutherland. Seorang mahasiswa MIT pada tahun 1961 menciptakan program komputer yang disebut Sketchpad. Dengan bantuan light pen seseorang dapat menggambar bangun sederhana pada layar komputer.
  3. Steve Russell. Di tahun yang sama menciptakan video game pertama yang disebut Spacewar. Program ini dijalankan pada mesin DEC-PDP-1, dan sekaligus menjadi program uji bagi setiap komputer DEC yang dipasarkan.
  4. E. E. Zajac. Seorang ilmuwan dari Bell Telephone Laboratory, tahun 1963, menciptakan sebuah film yang mensimulasikan gerakan-gerakan satelit pada saat mengorbit bumi. Animasinya dilakukan menggunakan komputer mainframe IBM 7090. Pada waktu yang sama beberapa ilmuwan lain menciptakan film untuk mensimulasikan hukum Newton, Gerakan fluida/cairan dan getaran.

Masih banyak nama-nama lain yang berkiprah dalam pengembangan grafika komputer, baik sebagai pionir, sebagai inventor, sebagai adapter maupun sebagai follower.


Aplikasi Grafika Komputer

Setidaknya ada enam area dimana aplikasi-aplikasi grafika komputer dapat dimanfaatkan, yaitu :


1. User Interface

Penggunakan grafika komputer sebagai antar muka komputer pada sistem operasi dan aplikasi modern, misalnya Windows dan Visual Studio.


2. Membuat Presentasi

Digunakan untuk membuat diagram-diagram. Office Automation Penggunakan grafis pada aplikasi otomasi perkantoran seperti Office sudah menjadi trend aplikasi modern dengan konsep point and click.


3. Percetakan Digital

Penggunaan untuk percetakan, pembuatan brosur, billboard dijital, buku dan sebagainya


4. CAD/CAM (Computer-Aided Design / Computer-Aided Manufacturing)

Aplikasi pada bidang teknik, misalnya untuk pembuatan rancang bangun rumah, kendaraan dan alat- alat suku cadang.


5. Seni dan Komersil

Aplikasi grafika komputer pada bidang seni dan komersil, misalnya lukisan dijital, promosi barang-barang yang dijual secara online yang dilengkapi dengan gambar


6. Pengontrolan Proses

Aplikasi visualisasi data dengan menghubungkan alat dengan komputer melalui saluran USB atau RS-232. Digunakan untuk memonitor lokasi, webcam dan pengawasan dan sebagainya.


Model Dasar Grafika Komputer

Grafika komputer adalah ilmu yang berhubungan dengan pembuatan (produksi) gambar (citra) mengggunakan komputer melalui tahapan (tasks) :

  1. Pemodelan (Modeling)
  2. Rendering (Rendering)
  3. Animasi (Animation)

Gambar diatas menunjukkan model dasar dari sebuah sistem grafika komputer. Pemandangan di sekitar kita memiliki dimensi tiga dimana salah satunya adalah dimensi ruang. Namun dalam komputer, pada kenyatannya tidak dijumpai dimensi ruang tersebut.

Efek tiga dimensi yang sering kita lihat pada layar komputer adalah efek visualisasi dimana efek ruang disimulasikan berdasrkan kaidah-kaidah geometri dalam bidang matematika. Secara sederhana grafika komputer juga dapat didefiniskan sebagai berikut :

Computer graphics is generating 2D images of a 3D world represented in a computer.


Modelling

Modelling atau pemodelan adalah upaya untuk menggambarkan objek nyata ke dalam objek yang memiliki karakteristik geometris. Pemodelan objek 3D dalam bentuk geometris ini dimaksudkan agar gambar dapat dimanipulasi tanpa kehilangan akurasi karena perhitungan dilakukan secara numeris berdasarkan kaidah matematis.

Gambar-gambar geometris tersebut disebut wireframe. Gambar dibawah menunjukkan contoh model wireframe.

Secara umum pemodelan geometris dapat diartikan sebagai:

  1. Memotret objek nyata dan lalu mengubahnya menjadi menjadi objek maya (virtual)
  2. Menjelaskan dunia nyata atau objek nyata menggunakan matematika
  3. Jika objek tidak ada, penggambaran dilakukan berdasarkan imajinasi artis

Komentar

Postingan populer dari blog ini